Tentang Kami

Halaman

Yayasan Pondok Pesantren DARUL HIKMAH didirikan diawali dari terbentuknya hidayah dan kesadaran dari Allah SWT. akan kondisi obyektif anak-anak yatim dan fakir miskin dari keluarga muslim di salah satu daerah yang dikhawatirkan akan mengorbankan aqidahnya dengan memeluk agama lain dengan kondisi lingkungan yang tidak mendukung. Akhirnya ke 3 anak yatim dan fakir miskin dari dua keluarga tersebut kita bawa ke Surabaya untuk disekolahkan dan ditanggung segala biaya hidupnya. Berjalan kurang lebih 6 bulan banyak kawan dan tokoh masyarakat yang menyarankan agar penanganan masalah sosial tersebut dikembangkan dengan melembagakan secara formal mengingat masih banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan perhatian kita.

Maka menyadari sepenuhnya bahwa membantu, mempedulikan kehidupan anak-anak yatim piatu, yatim dan fakir miskin merupakan tanggung jawab aqidah yang mendasar bagi setiap orang muslim. Sebagaimana firman Allah SWT. (QS. 107 : 1-3)

“Tahukah kamu orang yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim. Dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin “.

Sehingga dengan segala keterbatasan yang ada disertai dengan keyakinan dan tekad bahwa keterbatasan tersebut bukanlah penghalang bagi pelaksanaan amal kerja kemanusiaan (QS. 9 : 41), beberapa orang muslim sepakat mendirikan sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam Akte Notaris yang dibuat di hadapan Notaris Surabaya MAIMUNAH ZUBAIDAH , SH. Nomor : 4 tanggal 9 April 1999 dan telah didaftarkan ke Pengadilan Negeri Surabaya Nomor : 99 tertanggal 04 Mei 1999 dengan nama YAYASAN PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH dengan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) 1.874.626.3-609.

Salah satu kegiatan Yayasan Pondok Pesantren DARUL HIKMAH adalah mengelola Panti Asuhan Yatim  DARUL  HIKMAH. Panti Asuhan tersebut telah mendapatkan legalitas dari  Dinas  Sosial Kota Surabaya dengan Surat Tanda Pendaftaran Nomor : 460/2725/436.5.13/2007 dengan  Surat  Tanda  Pendaftaran Ulang (STPU)  Kanwil  Depsos  Propinsi  Jawa  Timur  tertanggal  23 Maret 2010  Nomor: P2T/45/07.04/III/2010.

Aktifitas Yayasan Pondok Pesantren DARUL HIKMAH adalah menyelenggarakan pengasuhan terhadap anak yatim piatu, yatim dan anak-anak dari keluarga fakir miskin dengan nama Yayasan DARUL HIKMAH. Pada tahapan awal, diselenggarakan pengasuhan sejumlah 26 anak dengan penanganan sistem panti dan non panti dengan mengambil sebuah rumah yang terletak di jalan Bendul Merisi VII/1 Surabaya.

Dalam perkembangan selanjutnya, mengingat terlalu terbatasnya tempat asrama anak asuh dan terlalu sempitnya jalan menuju ke lokasi sehingga tidak bisa dilewati oleh mobil, maka sejak tanggal 1 April 2000 Yayasan Pondok Pesantren DARUL HIKMAH pindah ke Jalan Gubeng Kertajaya VC/11A Surabaya dan sejak April 2005 menempati gedung sendiri di Jl. Gubeng Kertajaya VC/5 Surabaya sampai sekarang.

Yayasan Pondok Pesantren DARUL HIKMAH memiliki bidang garap diantaranya : Panti Asuhan Yatim Piatu Darul Hikmah, Panti Asuhan Yatim Piatu Darul Falah dan Panti Asuhan Yatim Piatu Insan Cendekia dan semua itu telah menyelenggarakan pembinaan dan pengasuhan anak asuh sejumlah 155 anak dengan penanganan sistem panti dan non panti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s