5 Metode Sederhana untuk Redakan Sariawan

Standar

Sariawan atau dikenal dengan sebutan stomatitis adalah pembengkakan atau peradangan yang terjadi di lapisan mukosa mulut karena berbagai hal. Tapi umumnya sariawan terjadi akibat luka di dalam rongga mulut diperburuk dengan sistem kekebalan tubuh yang sedang jelek.

Kalau sudah terkena rasa nyeri bisa datang menghampiri sehingga membuat bicara susah dan aktivitas makan pun tak nyaman. Oleh karena itu beberapa orang mungkin akan mencoba berbagai cara demi membuat sariawannya bisa lebih cepat sembuh.

Dikutip dari detikHealth berbagai sumber, berikut beberapa cara-cara yang bisa meredakan sariawan:

  1. Minum minuman dingin

Dengan mengonsumsi minuman dingin rasa nyeri yang timbul akibat sariawan dapat menjadi lebih ringan. Hal ini dikatakan oleh dr Meta Hanindita dari RSUD Dr Soetomo Surabaya sangat bagus diterapkan terutama untuk anak-anak yang rewel makan dan minum karena sariawannya.

“Dengan memberikan es atau minuman dingin, nyeri akibat sariawan bisa berkurang dan diharapkan ia mau makan,” kata dr Meta.

  1. Herba

dr Abrijanto SB, dokter umum dan dokter herbal di Klinik Icon BSD, Tangerang menuturkan bahwa sariawan juga bisa diatasi dengan obat herbal. Hal ini dikarenakan sudah ada pengujian klinis terhadap beberapa obat herbal yang dianggap mampu mengatasi panas dalam dan sariawan.

“Ada beberapa obat herbal yang sudah teruji klinis mampu mengatasi sariawan, yaitu daun saga, bunga seruni, bunga dan daun thymi, akar manis, dan akar alang,” ujar dr Abrijanto.

Meski sudah ada beberapa obat herbal yang teruji klinis mampu mengatasi sariawan, dr Abrijanto tetap menekankan pentingnya masyarakat awam menyadari bahwa obat herbal juga mampu memberikan efek serius jika dikonsumsi tidak sesuai dengan aturannya.

  1. Obat kumur

Ada beragam obat kumur yang dapat dipakai untuk melawan sariawan mulai dari yang kimiawi hingga ramuan tradisional. Dokter menyarankan cari obat kumur yang dasarnya bisa mengurangi sakit, meredakan peradangan, dan menghilangkan bakteri.

Contoh ramuan sederhana seperti berkumur dengan menggunakan air garam atau baking soda. Kandungan ramuan tersebut dapat membantu menghilangkan bakteri dalam mulut dan mengurangi rasa sakit.

  1. Madu

Sudah banyak studi membuktikan properti antibakteri yang dimiliki oleh madu. Terkait dengan sariawan, penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Salman bin Abdul Aziz membuktikan juga manfaatnya.

Rata-rata pada kasus sariawan yang umum hanya perlu waktu empat hari agar bisa sembuh dibantu oleh madu. Cara penggunaannya cukup dengan menempelkan kapas yang telah dioles madu pada luka sariawan.

  1. Konsumsi suplemen

Studi menunjukkan sariawan lebih sering terjadi pada orang yang kurang vitamin B12, vitamin C, zat besi dan asam folat. Oleh karena itu dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung nutrisi terkait diharapkan kondisi sariawan bisa jadi lebih baik dan mencegahnya kembali. (detikhealth)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s