TIPS SEHAT SAAT BERPUASA

Standar

Berpuasa-Membuat-Orang-Jadi-Lebih-Sehat1

Marhaban ya Ramadhan. Bulan puasa sebentar lagi tiba. Alhamdulillah, syukur hendaknya kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena dengan izin-Nya kita masih diberikan panjang umur untuk bisa menjalankan puasa di tahun ini.

Puasa, bukanlah ibadah ritual semata. Namun, kehadirannya sangat perlu persiapan dari diri kita sebagai umat muslim. Tak hanya soal tata cara dan adab puasa. Masalah kesehatan pun tak boleh kita sepelekan, sebab dalam beribadah puasa kekuatan fisik sangat memengaruhi kelancaran dan keberhasil kita dalam menjalankan ibadah ini. Apa saja tips yang bisa kita jalankan agar pelaksanaan ibadah puasa kita di bulan Ramadhan nanti lancar?

1. Jangan makan terlalu banyak saat sahur

Sebelum berpuasa umat islam dianjurkan untuk makan sahur sebelum imsak sebagai bekal berpuasa pada pagi hari sampai maghrib. Jika anda ingin puasa anda tetap lancar dan tidak lemas, saat sahur konsumsilah makanan-makanan yang mengandung gizi dan vitamin, karbohidrat, protein, dan mineral. Contohnya adalah makanan yang berserat seperti sayur-sayuran, buah-buahan. Makanan yang berserat mampu menahan lapar lebih lama karena tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan berserat. Selain itu makanlah nasi (karbohidrat) namun dalam porsi yang sedang saja, jangan sampai terlalu kenyang.

 

2. Minum yang cukup

Kebutuhan tubuh akan air adalah 2 liter air dalam satu hari. Itu artinya anda setidaknya harus minum air  putih sebanyak 2 liter dalam sehari agar tubuh tidak dehidrasi. Jika tubuh kekurangan air (dehidrasi) maka tubuh akan menjadi lemas dan aliran oksigen ke tubuh tidak lancar. Begitu juga sebaliknya jika kebutuhan cairan tubuh tercukupi maka anda akan tetap bugar saat berpuasa dan tidak mengganggu aktivitas anda.

 

3. Jangan langsung tidur setelah sahur

Setelah sahur mungkin anda masih merasakan kantuk yang sangat, dan biasanya orang akan langsung tidur setelah sahur. Sebaiknya jangan langsung tidur setalah sahur, karena tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan yang anda konsumsi. Sebaiknya anda mengaji terlebih dahulu, dan kemudian melaksanakan salat subuh (berjamaah lebih utama).

 

4. Hindari penggunaan tenaga secara berlebihan

Saat berpuasa tubuh kita mengkonsumsi makanan lebih sedikit dibandingkan saat tidak berpuasa. Itu artinya tenaga yang kita punyai saat puasa lebih sedikit dari orang yang tidak berpuasa. Untuk itu hindarilah aktivitas yang nmenguras tenaga untuk menjaga tenaga anda cukup sampai berbuka. Lakukanlah aktivitas yang ringan-ringan saja, misalnya jalan-jalan di sore hari.

 

5. Tidur di awal siang

Mengapa saat berpuasa kita sering merasa kantuk? Karena kalori dalam tubuh berkurang saat berpuasa sehingga tubuh menjadi lemas dan lebih mudah mengantuk. Tetapi tidur siang saat berpuasa selain sunah juga mempunyai manfaat bagi anda. Dengan tidur di awal siang (setelah zuhur) selama 1-2 jam akan mampu mengumpulkan tenaga/energi dalam tubuh. Namun jangan sampai anda tidur secara berlebihan karena justru akan membuat tubuh semakin lemas dan tidak bertenaga.

 

6. Konsumsilah makanan yang hangat dan manis saat berbuka

Saat berbuka puasa adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh orang yang berpuasa. Namun yang harus diperhatikan adalah sebaiknya anda meminum minuman hangat dan manis, misalnya teh hangat manis dan beberapa biji kurma. Minuman yang hangat sangat baik bagi lambung anda, karena mampu menetralisir asama lambung setelah seharian berpuasa. Sedangkan makanan yang manis mampu menghasilkan energi/tenaga bagi tubuh anda. Hindarilah minuman dingin saat berbuka meskipun anda sangat haus karena minuman dingin justru meningkatkan asam lambung yang dapat memicu penyakit maag. Minuman dingin sebaiknya dikonsumsi beberapa saat setelah berbuka.

 

7. Jangan langsung makan besar saat berbuka puasa

Yang dimaksud makanan besar di sini adalah nasi (karbohidrat). Saat berbuka puasa anda sebaiknya jangan langsung makan besar, karena lambung memerlukan waktu dan ruang kosong untuk mencerna makanan. Makan besar sebaiknya dilakukan setelah salat tarawih. ()

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s