Ramadhan Kita Semua

Standar

Ramadan-Mubarak-Desktop-WallpaperApa yang ada dalam benak kita pada saat baca judul tulisan di atas??? Berbekal banyak persiapan, menanta hati diri buat menyambutnya? Biasa-biasa saja? Sedih? Senang? Atau tidak merasa memilikinya?

Ada sebuah cerita dari kabar; dikatakan bahwa: “Esok ketika hari kiamat tiba Ramadhan akan datang dalam rupa yang paaaliing indah. Kemudian ia bersujud dihadapan Allah, lalu Allah SWT berfirman: “Hai Ramadhan, mintalah apa hajatmu, lalu ambillah tangan orang-orang yang mengetahui kewajiban tentangmu (maksudnya orang-orang yang menjalankan puasa Ramadhan cint). Kemudian Ramadhan berkeliling mengambil tangan orang-orang yang mengetahui kewajiban terhadapnya. Lalu Ramadhan memintakan kepada Allah, mahkota kebesaran bagi orang-orang yang menjalankan puasa Ramadhan.

Allah SWT memahkotai orang-orang itu dengan 1000 mahkota, lalu orang itu memberi syafa’at untuk 70.000 orang yang telah melakukan dosa besar. Kemudian mereka dijodohkan dengan 1000 bidadari yang setiap bidadari didampingi dengan 70.000 dayang-dayang [wiiiiiiih, asek banget yaw] ^(>_0)^

Endak Cuma itu loh, lanjut cerita Allah SWT bertanya lagi kepada Ramadhan tentang keinginannya? Si Ramadhan meminta kepada Allah agar mereka ditempatkan disisi Nabi Muhammad SAW. Maka Allah SWT menempatkan mereka dalam surga  firdaus.[subhanallah, gua pengen banget sist ketemu ama Kanjeng Nabi Muhammad]

Weleh-weleh dari penggal kabar cerita tersebut, Ramadhan tentu memiliki keistimewaan yang berbeda dibanding bulan-bulan lainya yaaa. Ramadhan, adalah bulan penuh berkah. Bulan dimana Allah menurunkan 1000x pahala bagi orang Islam yang melaksanakan kebaikan. Bulan panen raya segala pahala berlipat ganda bagi orang-orang yang tau dan mau sih, ayo siapa yang mau tunjuk jariiii J

Ramadhan seringkali memberi kenangan yang tidak biasa buat kita yaa, apalagi yang menjalankan ibadah puasa jauh dari keluarga yang pastinya beda dong rasanya.

“Momen bulan ramadhan yang paling terkenang itu ya pas buka puasa rame-rame. Trus paling seneng kalo puasaan karena udah deket waktu mau pulang ke rumah” ujar salah seorang santri Darul Hikmah yang biasa disapa Andre ketika ditanya soal momen paling menyenangkan di  bulan Ramadhan selama tinggal di Darul Hikmah. Lain lagi dengan komentar Bobi “Paling berkesan itu waktu main petasan di lantai empat, trus kita dimarahin sama pengurus” ujar sambil tertawa. Menjalankan puasa di yayasan dan di rumah pastinya berbeda yaaa.

Tidak berbeda jauh dengan tanggapan santri putra nih, santri putri pun juga seneng kalo bulan ramadhan datang salah satu alasanya ya karena udah deket waktu pulang ke rumah dan kumpul keluarga, seperti kata Firga nih “Kalo puasaan itu seneng soale banyak undangan ustadzah, trus seneng juga mau pulang ke rumah ngumpul sama keluarga” ujar Firga yang udah hampir 7 tahun tinggal di yayasan Darul Falah. Kalo ditanya soal pengalaman yang berkesan saat bulan puasa ada pengakuan dosa nih dari si Luluk, katanya “Biasanya kalo pas pulang ke rumah aku rombongan dengan teman-teman ustadzah, nah kita biasanya bolos puasa karena perjalanan jauh sih. Jadi kita makan dan minum seadanya di angkutan umum” wah wah waaahhh yang ini jangan ditiru yaaah, selama masih kuat puasa harus tetep puasa loh, tapiiiii Luluk and the gank ini selalu mengganti puasanya kok meskipun udah mbolos massal hihihii.

Begitulah kilas balik celoteh anak-anak pesantren yatim dan dhuafa di bulan Ramadhan. Setiap pribadi punya pengalaman nya sendiri, tapi intinya semua bersyukur dan menyambut bahagia bulan penuh ampunan ini. Yuk, berlomba-lomba nabung amal yang baik. Kita ikhlaskan amal kita karena Allah yaaah. Mumpung bulan ramadhan pahala amal kita dilipatgandakan.

Dilihat dari tingkat pengetahuan, usia, latar belakang sampai hal-hal yang terkenang dari setiap orang akan memaknai bulan Ramadhan yang berkah ini dengan berbagai hal. Apapun itu, siapa saja mereka bulan Ramadahan ini adalah milik kita semua, kaya miskin, tua muda berhak meraih kebahagian menuju kemenangan, memperoleh pensucian diri, dan sampai pada keberkahan idul fitri yang selalau dinanti. Semua orang pasti merasa ingin memilikinya, yang kaya ingin berbagi rizki dengan yang kurang beruntung, sehingga tidak jarang bagi kaum pinggirian baik pemulung, pengamen dan anak-anak jalanan bulan ramadhan adalah bulan berlimpah rizki, begitu pula dengan anak-anak yang hidupnya dalam panti asuhan. Yang mampu merasa bahagia pula bisa berbagai dengan saudara yang lain dengan kebahagian kecil yang mereka punya. Ramadhan milik kita semua, marimanfaatkan bulan ramadhan ini sebaik-baiknya. Marhaban Ya ramadhan.

By: Lh-Ni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s